Kamis, 23 Juli 2009

MENGENAL USAHA KECIL DAN MENENGAH
DI KABUPATEN PURWAKARTA
(Oleh : Harun Abdul Rosyid)


Bismillahirrohmanirrohim.

Blog yang akan saya sajikan mengenai usaha kecil dan menengah (UKM) yang berada di Kabupaten Purwakarta ini, bertujuan menggali potensi usaha kecil yang ada di Purwakarta dan memperkenalkannya khususnya pada masyarakat Purwakarta dan umumnya seluruh pembaca. Selain memperkenalkan jenis-jenis UKM juga menarik minat para pembaca agar menciptakan lapangan kerja / usaha sendiri hingga menjadi manusia mandiri. Juga mengajak generasi muda khususnya yang lulusan sekolah setingkat SLA, Sarjana, atau remaja putus sekolah, agar mereka tertarik menjadi entrepreneur muda dengan bekal pendidikan yang telah mereka miliki sehingga tidak mempunyai anggapan setelah lulus sekolah dan selesai kuliah menjadi karyawan, atau pegawai pemerintah, yang memang kebutuhannya jauh lebih kecil dibanding jumlah lulusan sekolah ditambah jebolan Perguruan Tinggi.
Untuk yang belum mendapat pekerjaan setelah lulus sekolah atau selesai kuliah, saya sarankan ada baiknya bekali diri dengan keterampilan, pengetahuan yang dapat menjadikan diri kita mampu menciptakan produk, pekerjaan, jasa, ataupun ide yang dapat berguna bagi diri sendiri dan dapat dijual bagi kepentingan masyarakat banyak.
Mudah-mudahan Blog yang saya sajikan secara sederhana ini dapat menambah wawasan anda di bidang usaha kecil dan menengah. Banyak jenis usaha UKM di Kabupaten Purwkarta diantaranya di bidang peternakan : ternak ikan mas, nila, lele dslb, ternak ayam, itik, penggemukan kambing, UKM makanan cemilan, simping Kaum, keripik singkong, dll. UKM makanan kebutuhan sehari-hari seperti Tahu, Tempe, Oncom, Kecap, dan Tauco. Makanan roda, bakso, mie ayam, baso tahu, batagor, surabi, mie goreng, nasi goreng, ayam bakar, sate, maranggi dll., makanan yang banyak dikonsumsi masyarakat Purwkarta. Pertanian, tani padi, palawija, buah-buahan dan sayuran dll. Keramik (gerabah) Plered, Genteng Plered, Batu bata, batako, paving block, dll. Produksi alat rumah tangga / perkakas seperti Seeng (buat ngukus nasi terbuat dari tembaga), produksi pisau dapur, golok, cangkul dan berbagai macam jenis perkakas lainnya. Mungkin masih banyak jenis-jenis UKM yang terdapat di Kabupaten Purwakarta.
Berikut hasil dari sorotan saya mengenai Pembuatan Tahu di salah satu Pengrajin Tahu Purwakarta.

CARA PEMBUATAN TAHU TRADISIONAL
DI TEGALJUNTI KELURAHAN TEGALMUNJUL KECAMATAN /KABUPATEN PURWAKARTA JAWA BARAT
Pengrajin Tahun : Bapak Ahnan

BAHAN BAKU:
Bahan baku tahu yaitu kacang kedelai, jenis kacang kedelai yang digunakan adalah kacang kedelai impor dari USA, karena kacang kedelai lokal bukan tidak bagus tapi stok kacang kedelai lokal Indonesia / hasil panen petani kacang lokal tidak mencukupi untuk kebutuhan pengrajin tahu Indonesia jadi untuk kesinambungan produksi tahu para pengrajin tahu menggunakan kacang kedelai impor dari USA.

Kedelai direndam kira-kira 4-5 jam hinga kedelai mengembang agar mudah untuk proses penggilingan.

PENGGILINGAN :
Setelah proses prendaman, lalu kedelan hasil rendaman digiling dengan penggilingan biasanya menggunakan mesin diesel atau dinano untuk menarik gilingan tahu.

PROSES PENGGODOGAN :
Aci / hasil dari kecang kedelai yang telah digiling, kemudian digodog ke tunggku penggodogan terbuat dari tembok / drum yang menggunakan bahan bakar kayu.

PENYARINGAN :
Proses penyaringan dilakukan setelah semua Aci telah dimasukan ke dalam penggodogan telah mendidih, dan siap disaring ke dalam tong / wadah terbuat dari kayu. Proses penyaringan adalah menyiapkan Aci tahu dan Ampas Tahu.


PEMBIBITAN :
Setelah proses penyaringan selesai, proses selanjutnya adalah pembibitan, proses ini akan menghasilkan Tahu muda (berwarna putih) dan bibit yang berwarna kuning. Selanjutnya pembuangan air bibit sampai kelihatan Tahu Mudanya yang siap untuk dicetak ke dalam cetakan khusus.


PENCETAKAN :
Melakukan pencetakan dengan cara memindahkan tahu muda ke dalam cetakan, proses ini dilakukan dengan hati-hati agar hasilnya bagus, rasanya enak, dan dapat memenuhi kualitas untuk dipasarkan.

TAHU MENTAH SIAP DIGODOG
Dari cetakan tahu mentah dimasukkan ke dalam kaleng dan siap digodog. Atau jika tahu berwana kuning dimasukkan ke dalam tungku yang sudah diberi air yang dicampur pewarna yaitu kunyit dan digodog sampai matang.

TAHU SIAP DIPASARKAN
Tahu Bapak Ahnan Dipasarkan di Pasar Senen / Pasar Leuwipanjang Kabupaten Purwakarta Jawa Barat.

Terima kasih mudah-mudah berguna.
(Wassalam Bloger Purwakarta)
My blogs:

http://www.lukman-bibitlele.blogspot.com/
http://www.berburu-ikannilabadot.blogspot.com/
http://www.dapatkahakumelakukannya-malanini.blogspot.com/
http://www.akuingin-langsing.blogspot.com/
Berikut ini gambar terkait pembuatan tahu tradisional :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar